Belajar Bergerak, Kinetic/Automata art experience.

Desain


dalam karya ini dibutuhkan As, gear dan transmisi, As dan transmisi menggunakan kayu. kayu yang digunakan adalah kayu mahoni. tetapi pen yang digunakan untuk menghubungkan antar transmisi menggunakan kayu jati. dikarenakan daya susut yang rendah. sehingga tidak mudah kendor.
Kemudian transmisi 1 dihubungkan dengan transmisi kedua, lalu energi kinetik mencapai pada objek yang sayap yang dapat dilihat pada langkah 3 dalam gambar desain. as yang digunakan pada sayap adalah besi kuningan ukuran 7 mm.

langkah 4 adalah upaya komposisi teknis, sehingga dengan jelas dapat dilihat energi yang di dapat dari ganggangputaran dapat tersalurkan pada gear dan transmisi. sehingga dapat menggerakan objek sayap.

Bentuk Jadi :
Gambar 1 
Tampak Atas

Gambar 2
Tampak depan

























Gambar 3 
Detail

Judul  : Belajar bergerak
Ukuran  : 60 cm x40 cm x 15 cm
Teknik  : Teknik Scroll, teknik kerja bangku, teknik bubut.
Bahan  : Kayu jati, kayu mahony, gear, besi as.
Warna  natural wax
Tahun  : 2013

Karya ini sangat terinspirasi oleh karya-karya Theo Jansen, dan beruntungnya penulis dalam pembuatan karya yang mengusung kinetic art ini. Penulis dipertemukan dengan alumni Kriya yang juga fokus pada penggarapan karya seperti ini. Yaitu mas Rudi Laho, sekarang beliau telah sukses mencapai impiannya walupun pada saat ini dia belum puas dan selalu berkarya.
Karya “belajar bergerak” menceritakan bagaimana usaha penulis untuk belajar bergerak dengan mempelajari sistem. Melalui pola dan motif dari setiap sekenario yang Allah berikan khusus untuk penulis. Bagi penulis scenario tersebut merupakan hadiah dari Sang Kuasa. Penulis merasakan betapa spesialnya diri ini sampai dibuatkan adegan-adegan khusus untuk tumbuh kembang penulis.

Videonya dapat dilihat di link ini : http://www.youtube.com/watch?v=WKHONAfVIGw
Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan Populer